30/03/2015

Posted by Unknown | File under : ,
Ini adalah teks eksplanasi yang saya buat sendiri yang menyangkut fenomena sosial yang sering terjadi di masyarakat.

Pekerja Dibawah Umur
     

     Pekerja adalah setiap orang yang bekerja dengan tujuan untuk menerima upah atau mendapat imbalan lainnya. Anak kecil dapat diartikan sebagai manusia yang masih kecil atau seseorang yang belum mencapai usia puber atau remaja. Maka dapat disimpulkan bahwa arti dari pekerja dibawah umur yaitu, setiap orang yang bekerja dengan tujuan untuk menerima upah atau imbalan lainnya tetapi yang melakukan pekerjaan itu adalah seorang anak yang belum cukup umur untuk melakukannya.

     Pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang yang masih dibawah umur dapat terjadi karena adanya kepentingan yang mendesak bagi dirinya, agar ia bisa mendapatkan hasil tersebut. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang yang masih dibawah umur melakukan pekerjaan yang seharusnya tidak ia kerjakan oleh anak seusianya, diantaranya faktor ekonomi yang dialami keluarganya, dan dari faktor lingkungan sekitarnya. Faktor ekonomi keluarganya dapat mendorong anak kecil itu untuk melakukan pekerjaan yang berat demi membantu perekonomian keluarganya yang sulit, meskipun orang tuanya tidak rela apabila anaknya harus melakukan itu, dan mungkin saja anak kecil itu mau melakukan pekerjaan yang berat karena salah satu atau kedua orang tuanya sudah tiada. Faktor lingkungan sekitar juga bisa mendorong seorang anak kecil untuk melakukan pekerjaan yang berat, anak kecil cenderung mengikuti apa yang dilihatnya karena ia masih belum bisa berfikir secara baik, maka ia cenderung mengikuti begitu saja. Ajakan dari seorang teman juga bisa membuat seorang anak kecil melakukan pekerjaan yang berat.

     Akibat yang ditimbulkan dari fenomena ini tentunya banyak dari masyarakat yang merasa iba apabila melihat seorang anak kecil harus turun ke jalan untuk mendapatkan uang. Seharusnya pengawasan orang tua harus lebih dominan agar anaknya tidak terjerumus ke dalam fenomena sosial ini. Anak-anak kecil diusianya harusnya masih bisa untuk fokus untuk belajar agar masa depannya nanti menjadi tertata, dan dapat membantu perekonomian keluarganya dengan tidak harus mencari uang saat anak-anak.

5 comments:

  1. Jelaskan mengenai pernyataan umum mengenai objek yang di sampaikan daalam teks eksplanasi tersebut!

    ReplyDelete
  2. Apa yang disampaikan melalui teks ekplanasi tersebut?

    ReplyDelete
  3. Apa yang disampaikan melalui teks ekplanasi tersebut?

    ReplyDelete